KiosTix Jadi Agen Tunggal Penjualan Tiket PSM Makassar

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta– Perusahaan manajemen tiket KiosTix telah ditunjuk sebagai partner dan agen tunggal penjualan tiket klub sepakbola Persatuan Sepakbola Makassar (PSM), dalam pertandingan ajang kompetisi Liga I 2019 maupun untuk laga AFC 2019. 

Kesepakatan kerjasama ini untuk pembelian tiket home away  (tiket pertandingan PSM Makassar sebagai klub tuan rumah di Stadion Mattoangin, Makassar) untuk selama musim kompetisi sepakbola Liga I/2019-2020, dan untuk pembelian tiket pertandingan PSM Makassar dalam ajang AFC (Asean Football Championship) 2019 di Stadion Pakansari, Bogor. Tiket online saat ini sudah bisa dibeli melalui website KiosTix, ujar Andhika Soetalaksana, Vice President Sales dan Partnership KiosTix, di Jakarta.

Seperti diketahui, dalam musim ini, PSM Makassar lolos mewakili Indonesia untuk mengikuti ajang kompetisi sepakbola bergengsi Asean Football Championship (AFC) 2019 yang akan menggunakan Stadion Pakansari, Bogor, untuk menjamu lawan-lawan-nya klub dari Asean. 

Kebijakan pembelian tiket secara online ini, sudah diuji-cobakan untuk pertama kali pada pertandingan kandang antara PSM Makassar melawan klub asal Laos, Lao Toyota FC, pada tanggal 13 Maret 2019, di Stadion Pakansari, Bogor. Dan ternyata berjalan lancar, dan disambut antusias oleh para penonton maupun suporter PSM Makassar. Pemberlakuan tiket online ini tentunya akan memudahkan para penonton maupun suporter yang ingin menyaksikan laga. Pembeli cukup melakukan pemesanan via online, kemudian mencetak bukti pembelian itu yang sudah memiliki tanda barcode. Sehingga antrian panjang pembelian tiket bisa terhindarkan, kata CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin, waktu itu.

Sukses saat uji coba, membuat layanan tiket online kemudian diperluas untuk pembelian tiket online bagi pertandingan PSM Makassar pada ajang Liga 1 di Stadion Mattoangin. 

“Kami senang bisa dipercaya sebagai tiket manajemen PSM Makassar yang merupakan salah satu klub sepakbola terbesar di Indonesia dengan suporter jutaan orang terutama warga Sulawesi Selatan. Semoga layanan tiket online ini akan memudahkan penonton sepakbola dalam mendapatkan tiket, merencanakan menonton, dan memberikan dukungan pada klub kesayangan, ujar Andhika Soetalaksana, Vice President Sales dan Partnership KiosTix.

Menurut Andhika Soetalaksana, untuk melayani sistem tiket PSM Makassar ini, KiosTix akan menggunakan tiket gelang standard (wristband standard) yang sangat terjamin kualitas tiket maupun sistem keamanannya. Sehingga tiket tidak dapat dipalsu, dan diperjual belikan secara tidak resmi. Para penonton pertandingan PSM Makassar tinggal membeli tiket secara online di website KiosTix dengan sejumlah model pembayaran seperti dengan menggunakan kartu kredit maupun transfer bank, yang selanjutnya akan menerima bukti pembayaran berupa E-Voucher dengan barcode, dan selanjutnya E-Voucher tersebut dapat ditukarkan dengan E-Ticket berbentuk gelang di lokasi pertandingan. Saat ini sudah hampir semua tiket event di Indonesia sudah dijual secara online. Jadi para penonton sepakbola di Indonesia dan Makassar pasti sudah mengenal sistemnya, tambah Andhika Soetalaksana. 

Selain sebagai agen tunggal penjualan tiket PSM Makassar, KiosTix juga menangani sistem tiket banyak event musik, olahraga, dan paket wisata. KiosTix merupakan perusahaan spesialis manajemen tiket hiburan dan event-event olahraga di Indonesia. Beberapa event besar yang pernah digarap KiosTix diantaranya tiket Asian Games 2018, Soundrenaline, Wave of Tomorrow, Asian Football Champions (AFC) 2016, Kenny G Concert, Soundsations, Raisa Intimade Concert, Konser Iwan Fals, Beyond Border Festival (BBF), dan lain-lain. 

Menurut Andhika Soetalaksana, Kiostix merupakan pionir start-up sistem tiket online di Indonesia. Berdiri sejak 2012. Sampai kini sudah menangani lebih 900 event dan menjual lebih 10 juta tiket. Dengan menggunakan teknologi sistem tiket paling mutakhir seperti tiket thermal, wristband, dan penjualan online lewat www.kiostix.com maupun tiket box.(p/ab)